Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang dari Blogging dengan 7 Cara Tertentu

 Cara Menghasilkan Uang dari Blogging dengan 7 Cara Tertentu

7 Cara Sebenarnya Menghasilkan Uang dari Blogging

1. Membayar Per Klik

Ide dasar dari bayar per klik (PPC) adalah menempatkan spanduk atau iklan teks di suatu tempat di weblog Anda, dan ketika pengunjung mengklik iklan ini, Anda mendapat komisi.

Komisi itu didasarkan dari harga kata kunci yang ditawar oleh pengiklan.

Untuk pemahaman yang lebih baik, mari kita ambil contoh Google AdSense.

Google mengizinkan penerbit independen (blogger seperti Anda) untuk menerapkan situs internet mereka untuk Google AdSense sehingga mereka dapat memiliki kesempatan untuk menciptakan sumber pendapatan dari weblog mereka.

Setelah disetujui, Anda akan diberikan akses ke dasbor mereka di mana Anda dapat membuat kode yang dapat Anda sematkan di situs internet Anda untuk menampilkan iklan, dan ketika pengunjung Anda mengklik iklan itu, Anda mendapatkan komisi.

Pastinya, pasti ada manajer jaringan iklan PPC alternatif lain di luar sana seperti Chitika, Infolinks, VigLink dll.

Namun, menurut saya, Google AdSense sejauh ini adalah pengelola iklan bayar per klik terbaik yang dapat Anda terapkan karena beberapa blogger di sana-sini mengatakan bahwa itu adalah jaringan iklan terbaik yang ada di luar sana untuk memonetisasi situs internet apa pun (selama mereka mematuhi Kebijakan Program Google AdSense atau mematuhi Pedoman Kualitas Webmaster).

2. Iklan Individu

Iklan pribadi memungkinkan perusahaan independen atau blogger lain untuk membeli ruang iklan di situs internet Anda.

Tarif harganya tetap, bisa dinegosiasikan dan pembayaran biasanya per bulan.

Namun, sebelum melibatkan situs internet Anda ke jenis iklan ini, pastikan weblog Anda menerima jumlah lalu lintas yang layak. Lalu lintas itu juga harus menjadi pengikut asli Anda. Ketika saya mengatakan pengikut asli, mereka yang mungkin telah mengikuti Anda dan posting weblog Anda dari waktu ke waktu, mereka yang ada di daftar Anda, dan pengunjung yang Anda terima dari lalu lintas organik.

3. Iklan Tunggal (solo)

Untuk berjaga-jaga jika Anda tidak terbiasa dengan metode periklanan ini, iklan solo adalah ledakan e mail satu kali yang Anda jual kepada pembeli yang ingin beriklan ke pelanggan Anda atau ke daftar e mail Anda.

Saya menyebutnya - 'penjualan pintu belakang'.

Teknik iklan solo biasanya digunakan oleh pemasar. Untungnya, ini tidak sepenuhnya eksklusif untuk weblog B2B (bisnis ke bisnis).

Misalnya, jika weblog Anda tentang "pelatihan anjing" dan Anda telah membuat daftar e mail pecinta anjing yang mengesankan, Anda pasti memenuhi syarat untuk mencoba pendekatan ini.

Anda dapat menjual iklan solo ke seller yang menjual barang-barang tentang pelatihan anjing. Mungkin eBook, kursus video, atau produk apa pun yang mereka jual terkait dengan pelatihan anjing, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan teknik iklan solo.

4. Metode Pemasaran afiliasi

Salah satu metode paling populer untuk memonetisasi weblog adalah melalui pemasaran afiliasi.

Affiliate Marketing bermitra dengan pemilik bisnis independen atau perusahaan untuk mempromosikan produk mereka langsung di situs internet Anda.

Tidak seperti PPC, pemasaran afiliasi menempatkan iklan banner atau teks (dengan tautan afiliasi Anda terlampir) ke situs internet Anda dan ketika pengunjung mengklik iklan tersebut dan melakukan pembelian, saat itulah Anda mendapatkan komisi.

Anda juga dapat membuat postingan testimonial tentang produk perusahaan tertentu, asalkan Anda kreatif, pada dasarnya Anda dapat mempromosikan produk orang lain dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Yah tentu saja, asal jangan melanggar aturan dan kesepakatan apa pun.

Komisi yang Anda terima berdasarkan persentase yang Anda setujui dengan pemilik produk.

Misalnya, jika produk X yang Anda promosikan bernilai $59, dan komisi afiliasi yang ditetapkan oleh pemilik produk adalah 45%, setelah Anda melakukan penjualan, Anda mendapat komisi $26,55 - pada dasarnya itulah idenya.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini untuk memonetisasi weblog Anda, saya sarankan Anda selalu mempromosikan produk yang berhubungan dengan topik weblog Anda, produk yang Anda coba, atau produk yang sangat Anda kenal.

5. Menjual produk Anda sendiri

Ada dua jenis produk yang dapat dijual oleh blogger secara online, produk fisik (atau berwujud) dan virtual (tidak berwujud).

Contoh produk fisik Seperti kaos, tumbler, buku dll, cukup jelas.

Sedangkan produk virtual berupa eBook, PDF, video course. Produk virtual biasanya berupa panduan dan tutorial.

Jika weblog Anda tentang kebugaran tubuh, maka Anda dapat membuat kursus video atau eBook yang membahas cara membakar lemak, makan sehat, olahraga yang benar, dll.

Jika Anda ingin produk Anda dijual dalam skala yang lebih cepat, Anda dapat bermitra dengan pedagang pihak ketiga seperti ClickBank, ShareASale, e-junkie, dll. untuk melibatkan produk Anda dalam application pemasaran afiliasi. Dengan cara ini, Anda membangun jaringan pemasar afiliasi yang bersedia menjual produk Anda.

Dan ketika afiliasi Anda melakukan penjualan, mereka akan mendapatkan komisi mereka, Anda akan mendapatkan komisi Anda.

Tentu saja, itu tergantung pada persentase yang Anda tetapkan. Juga, Anda perlu membayar pedagang juga.

Apakah weblog Anda berada di area of interest B2B (business to business) atau B2C (business to customer), akan menjadi tantangan untuk membuat produk Anda sendiri karena tidak mudah (menurut saya) untuk membuat produk yang unik dan berharga dari tersebar dan tidak pernah diuji (tetapi mungkin informasi yang efektif)

Post a Comment for "Cara Menghasilkan Uang dari Blogging dengan 7 Cara Tertentu"